Kurikulum

Identitas Program Studi


Program Studi : Pendidikan Sains Program Doktor
Kode Program Studi : 84001
Program/Fakultas : Pascasarjana
Perguruan Tinggi : Universitas Tadulako
Tahun Pendirian : 2015
Minimum Total sks : 48
Gelar kelulusan : Doktor (Dr.)
No/Tanggal SK Ijin Penyelenggaraan : Kepmenristekdikti No. 199/KPT/I/2015- 30 Desember 2015
No/Tanggal SK Ijin Operasional : SK Rektor Untad No. 1167/UN28/KL/2019 – 3 Januari 2019
Koordinator Program Studi : Prof. Daud K. Walanda, MSc., PhD.
Staf Program Studi : Erlyan S. Menday, SP.

Sebaran Mata Kuliah


Kode Mata Kuliah sks Semester
A. Mata Kuliah Pra Pascasarjana
  Bahasa Inggris Sains 2  
  Statistika dengan SPSS 2  
  Belajar dan Pembelajaran Sains 2  
  Konsep Sains Terpadu 2  
B. Mata Kuliah Wajib Pascasarjana
Z01163001 Filsafat Ilmu dan Metode Ilmiah 3 I
C. Mata Kuliah Wajib Program Studi
Z18163001 Desain dan Inovasi Pembelajaran 3 I
Z18163002 Wawasan Pendidikan 2 I
Z18163003 Assessmen dan Evaluasi Pembelajaran 2 II
Z18163004 Problematika Pendidikan 2 II
D. Mata Kuliah Konsentrasi/Bidang Ilmu
Z18163005 Kajian Biologi I (Konsentrasi Biologi)* 3 I
Z18163006 Kajian Fisika I (Konsentrasi Fisika)* 3 I
Z18163007 Kajian Kimia I (Konsentrasi Kimia)* 3 I
Z18163008 Kajian Matematika I (Konsentrasi Matematika)* 3 I
Z18163009 Kajian IPA I (Konsentrasi IPA)* 3 I
Z18163010 Kajian Biologi II (Konsentrasi Biologi)* 3 II
Z18163011 Kajian Fisika II (Konsentrasi Fisika)* 3 II
Z18163012 Kajian Kimia II (Konsentrasi Kimia)* 3 II
Z18163013 Kajian Matematika II (Konsentrasi Matematika)* 3 II
Z18163014 Kajian IPA II (Konsentrasi IPA)* 3 II
Total 18  
Z18163015 Disertasi
Sidang Komisi Proposal Penelitian 2 III-VI
Seminar Proposal 3
Sidang Komisi Hasil dan Seminar Hasil Penelitian 4
Seminar Nasional/Internasional 3
Sidang Komisi Naskah Disertasi dan Ujian Disertasi 6
Karya Ilmiah Internasional 10
Ujian Terbuka (Ujian Disertasi) 2
Total 30
Total Jumlah SKS yang harus ditempuh 48  

Deskripsi Mata Kuliah


Z01163001 Filsafat Ilmu dan Metode Ilmiah (I, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163001 Desain dan Inovasi Pembelajaran (I, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas teori dan model dalamdesain system pembelajaran pembelajaran secara terpadu serta tahapan dalam mendisain suatu pembelajaran mulai dari perumusan tujuan umum (CPMK), analisis kebutuhan, tujuan khusus (sub CPMK) dan indikator, pengembangan strategi pembelajaran, pengembangan instrument evaluasi dan pengembangan.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami landasan teoritik dan konseptual dari model desain pembelajaran serta merancang pembelajaran berdasarkan teori dan langkah-langkah desain pembelajaran dengan memberikan inovasi pada komponen pembelajan yang dimenjadi dasar dalam penulisan tugas akhir(disertasi)..

Pustaka:

  1. Dick. W., Carey L., and Carey J, O. 2015.The Systematic Design of Instruction (8thed).New Jersey. Pearson Education Inc.
  2. Reigeluth, C. M. 1983. Instructional-Design Theories and Models. London. Lawrence Erlbaum Associates. Inc.
  3. Seels B and Glasgow Z. 1998. Making Instructional Design Decisions (2nded).Colombus.Merril an Imprint of Prentice Hall.
  4. Rachey. 1986. The Theoritical and Conceptual Bases of Instructional Design, New York.
  5. Morison dkk. 2001. Designing Effective Instruction. New York.
  6. 4. Dengeng. N. S. 2013. Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori Penelitian. Malang. Aras Media.

Z18163002Wawasan Pendidikan (I, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membekali mahasiswa Pendidikan Sains Program doktor agar memperoleh wawasan pendidikan melalui pembahasan masalah-masalah pendidikan (khususnya pendidikan Sains) yang mendasar dan isu-isu pendidikan sains yang menjadi minatnya, yang merupakan isu di luar negeri maupun di Indonesia serta kaitannya dengan pilihan kebijakan, yang mencakup  pendidikan dan pembangunan, pendidikan dan persekolahan, serta upaya-upaya perbaikan pendidikan.Topik-topik yang dibahas antara lain Kurikulum Pendidikan Tinggi, Pendidikan Profesi Guru, Penilaian Kinerja Guru, Pendidikan Karakter, Pembelajaran untuk Abad 21, Education for Sustainable Development, Pendidikan untuk Semua, Pendidikan Inklusi, Pendidikan Berdasarkan Kearifan Lokal, PISA dan TIMMS, dan Delapan Standar Pendidikan.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan memperoleh wawasan pendidikan melalui pembahasan masalah-masalah pendidikan (khususnya pendidikan Sains) yang mendasar dan isu-isu pendidikan sains yang menjadi minatnya, yang merupakan isu di luar negeri maupun di Indonesia serta kaitannya dengan pilihan kebijakan, yang mencakup  pendidikan dan pembangunan, pendidikan dan persekolahan, serta upaya-upaya perbaikan pendidikan.Topik-topik yang dibahas antara lain Kurikulum KTSP 2006 dan Kurikulum 2013, KBK dan KKNI untuk Kurikulum Pendidikan Tinggi, Pendidikan Profesi Guru, Penilaian Kinerja Guru (PK GURU) dan Dosen, Lesson Study, Pendidikan Karakter, Pembelajaran untuk Abad 21, Education for Sustainable Development, Pendidikan untuk Semua (Education for All: Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Cerdas Istimewa, Bakat Istimewa, Inklusi), Pendidikan Berdasarkan Kearifan Lokal, PISA dan TIMMS, Delapan Standar Pendidikan. Seluruh paparan diharapkan mengambil perbandingan pada Negara lain. Bahasan dan telaah dikemas dalam format seminar.

Pustaka:

  1. Behrendt, H., Dahncke, H., Duit, R., Gräber, W., Komorek, M., Kross, A., and Reiska, P. 2002. Research in Science Education – Past, Present, and Future. Kluwer Academic Publishers. New York.
  2. Zajda, J (Editor). 2010. Global Pedagogies: Schooling for the Future. Springer Science+Business Media B.V. New York.
  3. Jandric, P.  2017, Learning in the Age of Digital Reason, SENSE Publisher. Boston.
  4. Hokanson, B., Clinton, G., and Tracey, M. W. (Editors). 2015, The Design of Learning Experience: Creating the Future of Educational Technology, Springer International Publishing. Switzerland.
  5. Li, Y., Chang, M., Kravcik, M., Popescu, E., Huang, R., Kinshuk, and Chen, N-S. 2016. State-of-the-Art and Future Directions of Smart Learning. Springer Science+Business Media. Singapore

Z18163003Assessmen dan Evaluasi Pembelajaran (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas tentang berbagai jenis, bentuk, dan instrumen asesmen dan cara evaluasi hasil belajar sains dan aplikasinya dalam pembelajaran sains yang bertujuan untuk membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran sains.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu mendeskripsikan jenis, bentuk, dan instrumen asesmen dan cara evaluasi hasil belajar sains dan aplikasinya dalam pembelajaran sains yang bertujuan untuk membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran sains.

Pustaka:

  1. Brookhart, S.M., 2010. How To Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. USA:ASCD.
  2. Rezba, R.J., Sprague, C., & Fiel, R. L., Learning and Assessing Science Process Skills. Kendall/Hunt Publishing Company.
  3. Ibrahim, M. & Nur, M., 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA University Press.
  4. Harlen, W., 1992. The Teaching of Science. London: David Fulton Publishers Ltd.
  5. Zainul, A. 2001. Alternatif Assesment. Jakarta: Pusat antar Universitas untuk PPAI Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

 


Z18163004Problematika Pendidikan (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membekali mahasiswa agar memperoleh wawasan professional yang luas serta membekali calon doktor bidang pendidikan dalam memahami konseptual permasalahan pendidikan baik dalam tataran makro pendidikan dalam mengembangkan pendidikan dan pembelajaran, tataran organisasi dalam mewujudkan good governance, dan tataran mikro, termasuk peluang dan kewajiban masing-masing pelaku pendidikan untuk memberikan konstribusi sesuai dengan bidang spesialisasinya baik sistem pendidikan dalam negeri maupun luar negeri.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu: (i) melakukan identifikasi secara cermat tentang problematika pendidikan baik di tingkat daerah (lokal) maupun tingkat pusat (nasional), dan internasional; (ii) melakukan kajian pustaka maupun empiris terhadap faktor-faktor penentu pendidikan untuk menemukan akar permasalahan pendidikan berkualitas; dan (iii) merumuskan pemikiran kritis solutif sebagai wujud kepedulian warga negara yang turut bertanggungjawab mewujudkan pendidikan berkualitas.

Pustaka:

  1. Gleason N.W., (2016). Higher Education in the Era of the Fourth Industrial Revolution. Pargrave.
  2. Arends R., & Kilcher A., (2010). Teaching for Student Learning. Routledge. New York and London.
  3. Baedowi A., (2015).,Potret Pendidikan Kita. Alvabet. Ciputat.
  4. 4. Freire P., Illich I., & Fromm E., (2009). Menggugat Pendidikan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Z18163005Kajian Biologi I (Konsentrasi Pendidikan Biologi)* (I, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini  membahas Falsafah  Pendidikan Biologi, Basic Biologi  Molekuler, Evolusi  Keragaman Tumbuhan, Biologi Perkembangan Tumbuhan, Biologi Molekuler Tumbuhan, Fisiologi  tumbuhan lanjut, Genetika Fisiologi Tumbuhan, Filogeni dan Sistematika Tumbuhan, Sistem Biologi Prokariot, Biologi Molekuler Keragaman Prokariot, Rekayasa Genetika Mikroorganisme, Biologi Bakteri Patogen, Ekspresi Gen dan Pengendaliannya, dan Studi  mandiri..

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu mendekripsikan tentang topik-topik kajian mengenai Falsafah  Pendidikan Biologi, Basic Biologi  Molekuler, Evolusi  Keragaman Tumbuhan, Biologi Perkembangan Tumbuhan, Biologi Molekuler Tumbuhan, Fisiologi  tumbuhan lanjut, Genetika Fisiologi Tumbuhan, Filogeni dan Sistematika Tumbuhan, Sistem Biologi Prokariot, Biologi Molekuler Keragaman Prokariot, Rekayasa Genetika Mikroorganisme, Biologi Bakteri Patogen, Ekspresi Gen dan Pengendaliannya, dan Studi  mandiri.

Pustaka:

  1. Watson, J. D., Baker, T. A.,  Bell, S.P., Gann,  A., Levine, M. and  Losich,  R. 2005. Molecular Biology of the gene, Seventh Edition, International Edition, Pearson-CSHL Press, New York.
  2. McKane, L. and Kandel, J. 1996. Microbiology Essential and  Applications, Second edition,  McGraw-Hill, Inc, New York.
  3. Schaechter, M., Medoff, G., and  Eisenstein, B. 1993.  Mechanism of Microbial  Disease, Second Edition. Williams & Wilkis, Philadelphia.
  4. Gelehrter, T. D., Collin, F. S., and Ginsburg, D. 1997.  Principles of  Medical  Genetics, Second edition,  Williams & Wilkins, Philadelphia.
  5. Alberts, B., Bray, D., Lewis, J., Raff, M., Roberts, K., and Watson,  J. D. Molecular Biology The Cell, Third Edition., Garland Publishing, Inc. New York & London.

Z18163006Kajian Fisika I (Konsentrasi Pendidikan Fisika)* (I, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan mengkonstruksi pengetahuan sains (construction of scientific knowledge) secara mandiri terhadap konsep-konsep fisika dengan topik-topik yang berkaitan dengan riset disertasi untuk mencapai penguasaan/pemahaman teori dan prinsip yang luas dan dalam.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan mengkonstruksi pengetahuan fisika secara mandiri pada topik/konsep yang telah dipersiapkan  untuk mencapai penguasaan dan pemahaman teori dan prinsip fisika (seperti listrik, magnet, elektrodinamika, termodinamika, mekanika gerak dan fisika moderen) yang luas dan dalam.

Pustaka:

  1. Griffiths, D. J. 1999. Introduction to electrodynamics Third Edition. Prentice Hall, Upper Saddle River, New Jersey.
  2. Reitz, Milford,  Christy. 1993. Dasar Teori Listrik Magnet; diterjemahkan Suwarno Wiryosimin, ITB, Bandung.
  3. Beiser, A. 2003, Concepts of modern physics.  6th Edition, The McGraw-Hill Companies, Inc., New York.
  4. Purwanto, A. 2010. Termodinamika. Gramedia. Jakarta.
  5. Walecka, J. D. 2008. Introduction to modern physics: theoretical foundations. World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd. Singapore.

Z18163007 Kajian Kimia I (Konsentrasi Pendidikan Kimia)* (I, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163008 Kajian Matematika I (Konsentrasi Pendidikan Matematika)* (I, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar matematika yang telah diperoleh pada jenjang S1 dan S2. Matakuliah ini membahas konsep-konsep esensial matematika dan keterkaitan antar konsep, sehingga mahasiswa mampu menemukan hakekat konsep, keterkaitan antar konsep dan prinsip-prinsipnya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai konsep-konsep esensial matematika dan keterkaitan antar konsep, sehingga mahasiswa mampu menemukan hakekat konsep, keterkaitan antar konsep dan prinsip-prinsipnya.

Pustaka:

  1. Coxeter.F.R.S.H.S.M.1969.Introduction to Geometry.Second Edition. John Wiley & Sons.Inc.New York.
  2. Soedjadi, R.2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan. Dirjen Dikti Depdiknas. Jakarta.
  3. Budiato,M.T.2015. Sistem Geometri. Zifatama Publisher. Surabaya.
  4. Bartle.R.G, Sherbert.D.R.1992.Introduction to Real Analysis. John Wiley & Sons.Inc.New York.
  5. Timm.N.H.1975. Multivariate Analysis With Application in Education and Psychology. Wadswort Publishing Company. California.
  6. Gallian, Joseph A. 1990. Contemporary Abstract Algebra 2nd Edition. D.C. Heath and Company, Canada.

Z18163009 Kajian IPA I (Konsentrasi Pendidikan IPA)* (I, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini didesain untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa mengkonstruksi pengetahuan sains (construction of scientific knowledge) secara mandiri terhadap konsep-konsep IPA (fisika, kimia dan biologi) yang telah dipersiapkan untuk mencapai penguasaan/pemahaman teori dan prinsip yang luas dan dalam..

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan dan keterampilan mengkonstruksi pengetahuan sains secara mandiri pada topic/konsep yang telah dipersiapkan  untuk mencapai penguasaan/pemahaman teori dan prinsip sains (atom, energy, listrik, mineral, sel, genetika, Evolusi, Tumbuhan, Ekologi) yang luas dan dalam..

Pustaka:

  1. Hewitt, P. G., Lyons, S. A., Suchocki, J. A., and Yeh, J. 2012. Conceptual Integrated Science. (2nd), Pearson Addison Wesley Publishing Co. Inc.
  2. Hewitt, P. G. 2006, Conceptual Physics (10th). Pearson Addison Wesley Publishing Co. Inc., New York.
  3. Suchocki, J. A. 2007. Conceptual Chemistry. (3rd), Pearson Benjamin Cummings Co. Inc., San Francisco.
  4. Campbell, N. A., and Reece, J. B., Biology: Concepts & Connections, Pearson/Benjamin Cummings, 2009.

Z18163010 Kajian Biologi II (Konsentrasi Pendidikan Biologi)* (II, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163011 Kajian Fisika II (Konsentrasi Pendidikan Fisika)* (II, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163012 Kajian Kimia II (Konsentrasi Pendidikan Kimia)* (II, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163013 Kajian Matematika II (Konsentrasi Pendidikan Matematika)* (II, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163014 Kajian IPA II (Konsentrasi Pendidikan IPA)* (II, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Hewitt, P. G., Lyons, S. A., Suchocki, J. A., and Yeh, J. 2012. Conceptual Integrated Science. (2nd), Pearson Addison Wesley Publishing Co. Inc.
  2. Hewitt, P. G. 2006, Conceptual Physics (10th). Pearson Addison Wesley Publishing Co. Inc., New York.
  3. Suchocki, J. A. 2007. Conceptual Chemistry. (3rd), Pearson Benjamin Cummings Co. Inc., San Francisco.
  4. Campbell, N. A., and Reece, J. B., Biology: Concepts & Connections, Pearson/Benjamin Cummings, 2009.

Z18163015 Disertasi* (III-VI, 30 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas penyusunan proposal, melaksanakan penelitian, melaporkan kemajuan penelitian, mengolah data penelitian, mendiskusikan hasil penelitian, membuat laporan akhir serta mempublikasikan hasil penelitian dalam bentuk artikel pada jurnal internasional.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menyusun proposal, melaksanakan penelitian, melaporkan kemajuan penelitian, mengolah data penelitian, mendiskusikan hasil penelitian, membuat laporan akhir berupa disertasi serta mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk artikel pada jurnal internasional.

Pustaka:

  1. Rita S. Brause, E C Wragg. Writing Your Doctoral Dissertation: Invisible Rules for Success 1st Edition, Routledge; (1999).
  2. Steven R, Terrel. Writing a Proposal for Your Dissertation: Guidelines and Examples 1st Edition, The Guilford Press; ( 2015).
  3. Roisin Donnelly, John Dallat, Marian Fitzmaurice, Supervising and Writing a Good Undergraduate Dissertation Kindle Edition, Bentham Science Publishers ( 2013).
  4. Derek Swetnam, Writing Your Dissertation: The bestselling guide to planning, preparing and presenting first-class work (How to Series) 3rd Edition, How To Books; ( 2000).
  5. Brian Paltridge, Thesis and Dissertation Writing in a Second Language: A Handbook for Supervisors 1st Edition, Routledge; (2007).
  6. Gordon B. Davis, Writing the Doctoral Dissertation: A Systematic Approach Third Edition, Barrons Educational Series; ( 2012).