Kurikulum

Identitas Program Studi


Program Studi : Pendidikan Sains Program Doktor
Kode Program Studi : 84001
Program/Fakultas : Pascasarjana
Perguruan Tinggi : Universitas Tadulako
Tahun Pendirian : 2015
Minimum Total sks : 48
Gelar kelulusan : Doktor (Dr.)
No/Tanggal SK Ijin Penyelenggaraan : Kepmenristekdikti No. 199/KPT/I/2015- 30 Desember 2015
No/Tanggal SK Ijin Operasional : SK Rektor Untad No. 7152/UN28/DT/2016 – 30 Desember 2016
Koordinator Program Studi : Prof. Daud K. Walanda, MSc., PhD.
Staf Program Studi : Erlyan S. Menday, SP.

Sebaran Mata Kuliah


Kode Mata Kuliah sks Semester
A. Mata Kuliah Pra Pascasarjana
Bahasa Inggris Sains 2
Statistika dengan SPSS 2
Belajar dan Pembelajaran Sains 2
Konsep Sains Terpadu 2
B. Mata Kuliah Wajib Pascasarjana
Z01163001 Filsafat Ilmu dan Metode Ilmiah 3 I
C. Mata Kuliah Wajib Program Studi
Z18163001 Desain dan Inovasi Pembelajaran 3 I
Z18163002 Wawasan Pendidikan 2 I
Z18163003 Assessmen dan Evaluasi Pembelajaran 2 II
Z18163004 Problematika Pendidikan 2 II
D. Mata Kuliah Konsentrasi/Bidang Ilmu
Z18163005 Kajian Biologi I (Konsentrasi Biologi)* 3 I
Z18163006 Kajian Fisika I (Konsentrasi Fisika)* 3 I
Z18163007 Kajian Kimia I (Konsentrasi Kimia)* 3 I
Z18163008 Kajian Matematika I (Konsentrasi Matematika)* 3 I
Z18163009 Kajian IPA I (Konsentrasi IPA)* 3 I
Z18163010 Kajian Biologi II (Konsentrasi Biologi)* 3 II
Z18163011 Kajian Fisika II (Konsentrasi Fisika)* 3 II
Z18163012 Kajian Kimia II (Konsentrasi Kimia)* 3 II
Z18163013 Kajian Matematika II (Konsentrasi Matematika)* 3 II
Z18163014 Kajian IPA II (Konsentrasi IPA)* 3 II
Total 18
E. Disertasi
Z18163015 Sidang Komisi Proposal Penelitian 2 III-VI
Z18163016 Seminar Proposal 3
Z18163017 Sidang Komisi Hasil dan Seminar Hasil Penelitian 4
Z18163018 Seminar Nasional/Internasional 3
Z18163019 Sidang Komisi Naskah Disertasi dan Ujian Disertasi 6
Z18163020 Karya Ilmiah Internasional 10
Z18163021 Ujian Terbuka (Ujian Disertasi) 2
Total 30
Total Jumlah SKS yang harus ditempuh 48

Deskripsi Mata Kuliah


Z01163001 Filsafat Ilmu dan Metode Ilmiah (I, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163001 Desain dan Inovasi Pembelajaran (I, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163002Wawasan Pendidikan (I, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163003Assessmen dan Evaluasi Pembelajaran (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

>Z18163004<Problematika Pendidikan (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163005Kajian Biologi I (Konsentrasi Biologi)* (I, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163006Kajian Fisika I (Konsentrasi Fisika)* (I, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163007 Kajian Kimia I (Konsentrasi Kimia)* (I, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163008 Kajian Matematika I (Konsentrasi Matematika)* (I, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163009 Kajian IPA I (Konsentrasi IPA)* (I, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163010 Kajian Biologi II (Konsentrasi Biologi)* (II, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163011 Kajian Fisika II (Konsentrasi Fisika)* (II, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163012 Kajian Kimia II (Konsentrasi Kimia)* (II, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163013 Kajian Matematika II (Konsentrasi Matematika)* (II, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163014 Kajian IPA II (Konsentrasi IPA)* (II, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163015 Sidang Komisi Proposal Penelitian (III-VI, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163016 Seminar Proposal (III-VI, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163017 Sidang Komisi Hasil dan Seminar Hasil Penelitian (III-VI, 4 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163018 Seminar Nasional/Internasional (III-VI, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163019 Sidang Komisi Naskah Disertasi dan Ujian Disertasi (III-VI, 6 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163020 Karya Ilmiah Internasional (III-VI, 10 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z18163021 Ujian Terbuka (Ujian Disertasi) (III-VI, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction to Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.